1. Komponen Penilaian
a) Mata Kuliah Teori atau tanpa komponen praktikum:
- Tugas - 10%
- Proses - 50%
- UTS - 15%
- UAS - 25%
b) Mata Kuliah Praktikum:
- Tugas - 10%
- Praktikum - 50%
- UTS - 15%
- UAS - 25%
2. Adapun untuk penilaian proses disusun dengan komponen:
No | Karakter | % | Kategori | % Kategori Penilaian | % Gabungan |
---|---|---|---|---|---|
1 | Critical Thinking | 20% | Mengukur Kualitas dari suatu sumber Menentukan Kualitas dari suatu sumber apakah relevan atau tidak relevan |
25% | 5% |
Membedakan Fakta dan Penilaian (Pendapat/Opini) | 25% | 5% | |||
Mengidentifikasi kesalahan atau bias yang ada | 25% | 5% | |||
Mengevaluasi bukti yang didapatkan untuk mendukung pendapat | 25% | 5% | |||
2 | Collaboration | 15% | Kemampuan mendukung orang lain dan berbagi peran: mengerjakan pekerjaan sesuai dengan perannya serta mendukung peran orang lain sekaligus berinisiatif dalam membagi pengetahuan yang dimiliki. | 25% | 4% |
Bekerja secara produktif dengan orang lain: Menunjukan sikap profesional dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas sesuai yang diharapkan dengan tepat waktu, serta bertanggungjawab dalam mengimplementasikan solusi | 25% | 4% | |||
Berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif: Menunjukan sikap respek terhadap perbedaan pendapat dalam diskusi serta terlibat aktif dalam menyelesaikan tugas, melakukan komunikasi yang intensif dan mengutamakan sikap kebersamaan | 25% | 4% | |||
Kemampuan melakukan konsensus: mampu melakukan strategi pengambilan keputusan secara bersama dengan menghormati ide orang lain, menanggapi dengan pikiran terbuka terhadap perbedaan ide. | 25% | 4% | |||
3 | Communication | 15% | Mampu melakukan komunikasi lisan sesuai dengan norma akademik | 35% | 5% |
Mampu melakukan komunikasi tulisan sesuai dengan norma akademik | 40% | 6% | |||
Mampu melakukan komunikasi non-verbal dan visual sesuai dengan norma akademik | 25% | 4% | |||
4 | Creative Thinking | 20% | Mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi permasalahan dengan ide yang bervariasi dan/ berkualitas | 25% | 5% |
Mampu menemukan ide atau gagasan dengan menyesuaikan terhadap sesuatu yang sudah ada, dan/ yang belum ada | 25% | 5% | |||
Memiliki pengetahuan yang baik guna menghasilkan daya pikir yang mencakup wawasan dengan unsur-unsur yang luas | 25% | 5% | |||
Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam 5 aspek, yaitu berpikir lancar, luwes, orisinal, elaborasi, dan evaluasi | 25% | 5% | |||
5 | Compassion | 15% | Mampu memahami permasalahan dari berbagai sudut pandang | 25% | 4% |
Mampu menerima kritik dan saran secara terbuka | 25% | 4% | |||
Memiliki keinginan untuk membantu dan memotivasi orang lain | 25% | 4% | |||
Mampu mengapresiasi diri dan sesama atas dasar ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa | 25% | 4% | |||
6 | Computational Logic | 15% | Abstraction: Keterampilan dalam memutuskan informasi apa yang harus disimpan dan apa yang harus diabaikan | 20% | 3% |
Generalization: Keterampilan dalam merumuskan solusi secara generik dan dapat menerapkan pada masalah yang berbeda | 20% | 3% | |||
Decomposition: Keterampilan dalam memecahkan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dipahami dan dipecahkan | 20% | 3% | |||
Algorithm: Keterampilan dalam menyebutkan langkah-langkah untuk menentukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah | 20% | 3% | |||
Debugging: Keterampilan dalam mengidentifikasi, menghapus, dan memperbaiki kesalahan dari proses pemecahan masalah | 20% | 3% |