Kualifikasi Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Jasmani
-
Kompetensi Akademik
Menguasai teori, konsep, dan prinsip ilmu pendidikan jasmani serta mampu menerapkannya dalam pembelajaran, pelatihan, atau penelitian.
Memiliki kemampuan analisis yang mendalam terhadap permasalahan dalam pendidikan jasmani dan olahraga berdasarkan pendekatan ilmiah.
Mengembangkan inovasi dalam kurikulum dan metode pembelajaran pendidikan jasmani yang relevan dengan kebutuhan peserta didik.
-
Kompetensi Profesional
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program pendidikan jasmani di berbagai jenjang pendidikan.
Mampu menjadi konsultan atau pendidik ahli dalam bidang pendidikan jasmani, baik di sekolah maupun institusi pelatihan olahraga.
Pemanfaatan Teknologi Pendidikan: Mampu memanfaatkan aplikasi, perangkat lunak, dan perangkat keras (wearable tech, motion analysis) dalam pembelajaran jasmani dan olahraga
Inovasi dalam Evaluasi dan Pelatihan: Mampu menggunakan teknologi digital untuk evaluasi kinerja fisik dan desain program latihan berbasis data (sport analytics)
Pengembangan Konten Digital: Mampu menciptakan konten edukatif berbasis digital untuk mendukung pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dan masyarakat
-
Kompetensi Penelitian
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkontribusi pada pengembangan pendidikan jasmani dan olahraga.
Menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional terakreditasi.
Menguasai metode penelitian kuantitatif, kualitatif, maupun metode campuran yang sesuai dengan karakteristik pendidikan jasmani.
Metode Penelitian Berteknologi: Mampu menggunakan perangkat lunak analisis data dan simulasi digital untuk penelitian pendidikan jasmani.
Kontribusi Ilmiah Digitalisasi: Menghasilkan karya ilmiah yang berfokus pada inovasi teknologi dalam pendidikan jasmani, yang dapat dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional.
-
Kompetensi Kepemimpinan
Memiliki kemampuan memimpin dan mengelola program pendidikan jasmani dalam konteks sekolah, masyarakat, atau organisasi olahraga.
Mampu menjadi fasilitator dalam pelaksanaan pelatihan guru atau pelatih olahraga dengan pemanfaatan teknologi digital yang optimal.
-
Kompetensi Inovasi dan Pengembangan Diri
Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran, pelatihan, dan penelitian.
Mampu mengikuti perkembangan terkini dalam ilmu pendidikan jasmani dan beradaptasi terhadap perubahan.
Adaptasi dengan Teknologi Baru: Mampu mengikuti dan mengimplementasikan teknologi terkini seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan gamifikasi untuk pembelajaran jasmani.
Pemanfaatan Big Data dan IoT: Menggunakan analisis big data dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pendidikan jasmani dan olahraga.
Kreativitas dalam Desain Kurikulum Digital: Mampu mendesain kurikulum yang mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan jasmani sesuai dengan kebutuhan peserta didik.